pages

Minggu, 14 Februari 2010

Adware, Spyware, dan grayware...

* Adware
Adware adalah iklan yang dimasukan secara tersembunyi oleh pembuat program. Umumnya program diberikan secara gratis, tetapi dengan kompensasi pemakai harus menerima iklan pada program. Adware sebenarnya difungsikan sebagai promosi atau iklan berbentuk banner. Terkadang pemakai ingin mengunakan program shareware tetapi didalamnya terdapat program yang difungsikan sebagai Adware. Misalnya Program A yang diberikan secara gratis, ternyata memiliki jendela kecil pada program dan terus berganti ganti gambar iklan. Atau anda mengunakan Yahoo messenger dan pemilik Yahoo menempatkan banner iklan pada sebuah bagian di program Yahoo chat.


* Spyware
Spyware secara umum adalah sejenis program yang mengoleksi dan mentranfer informasi tentang seseorang dan kebiasaan browsingnya untuk keperluan iklan/promosi. Namun akhir-akhir ini spyware dpt digunakan untuk tujuan lain, yaitu mencuri data2-data penting yang ada di komputer seseorang seperti, password, no PIN, alamat dll.
Spyware bukanlah sebuah virus tetapi perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat meng-instal dirinya kedalam komputer, dengan tujuan mencuri data komputer seperti alamat email dan statistik kunjungan pada internet.

* Grayware
Grayware beroperasi dengan cara yang mirip dengan malware, tetapi tidak menyebar ke pengguna secara langsung membahayakan. Ini tidak mempengaruhi fungsionalitas sistem seperti itu. Sebagian besar, informasi mengenai pola-pola penggunaan dikumpulkan untuk menjual kedua data tersebut atau untuk menempatkan iklan secara sistematis.

0 komentar:

Posting Komentar