pages

Rabu, 19 Januari 2011

Perbedaan Hacker, Cracker, Coding

Istilah Hacker biasanya identik dengan hal yang negatif. Ada beberapa pendapat mengenai pengertian HACKER yaitu :
1.Orang Awam IT
Bagi orang yang awam IT menurut mereka Hacker adalah orang yang merusak sebuah sistem. Hacker adalah orang yang mencuri data milik orang lain melalui jaringan internet. Hacker mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs.



2. Middle IT
Hacker adalah Sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan memberikannya dengan orang-orang di Internet.

3. Highly IT
Hacker merupakan golongan profesional komputer atau IT yang memiliki pengetahuan tinggi dalam sesuatu sistem komputer. Hacker mempunyai minat serta pengetahuan yang mendalam dalam dunia IT sehingga beupaya untuk mengenal pasti kelemahan suatu sistem dengan melakukan uji cuba terhadap sesuatu sistem itu. Namun, para hacker tidak akan sembarangan merusak suatu system. Dan itu merupakan etika seorang hacker.

Jenis-jenis HACKER dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. White Hat Hacker yaitu: memfokuskan aksinya bagaimana melindungi sebuah sistem, dan bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

2. Black Hat Hacker yaitu: mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin.


Cracker

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data.

Cracker memiliki tujuan untuk merusak komputer korban melalui internet sedangkan hacker memiliki tujuan untuk mengamankan atau memproteksi sistem pertahanan komputer.


Coding

Coding (kode) merupakan symbol terdiri dari huruf, angka, tanda baca, serta lambing lainnya. Kode ini memiliki arti yang disepakati oleh komunitas atau bagi mereka yang terkait.

0 komentar:

Posting Komentar